Langkau ke kandungan utama

Mewaspadai Bahaya Rasuah




MEWASPADAI BAHAYA RASUAH

Oleh
Ustadz Abu Humaid Arif Syarifuddin


Menengok keadaan saat ini, betapa banyak orang yang melakukan perbuatan yang amat tercela ini. Bahkan hampir kita dapati dalam semua lapisan masyarakat, dari masyarakat yang paling bawah, menengah sampai kalangan atas. Khalayak pun kemudian menggolongkan para pelaku rasuah ini menjadi berkelas-kelas. Mulai koruptor kelas teri sampai kelas kakap.Dalam lingkup masyarakat bawah, mungkin pernah atau bahkan banyak kita jumpai, seseorang yang mendapat amanah untuk membelanjakan sesuatu, kemudian setelah dibelanjakan, wang yang diberikan pemiliknya masih tersisa, tetapi dia tidak memberitahu adanya sisa wang tersebut, walaupun hanya seratus rupiah, melainkan masuk ke ' saku'nya, atau dengan cara memanipulasi nota belanja. Adapun koruptor kelas kakap, maka tidak tanggung-tanggung yang dia 'embat' sampai milyaran bahkan triliyunan. Sejauh mana bahaya perbuatan ini? Kami cuba mengulasnya dengan mengambil salah satu hadis Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berikut ini. Semoga bermanfaat, dan kita dapat mengelakkan ataupun mewaspadai bahayanya. (Redaksi).

Dari 'Adiy bin' Amirah Al Kindi Radhiyallahu 'anhu berkata: Aku pernah mendengar Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam bersabda:

((من استعملناه منكم على عمل فكتمنا مخيطا فما فوقه كان غلولا يأتي به يوم القيامة)), قال: فقام إليه رجل أسود من الأنصار كأني أنظر إليه, فقال: يا رسول الله اقبل عني عملك, قال: ((وما لك?)) , قال: سمعتك تقول كذا وكذا, قال: ((وأنا أقوله الآن, من استعملناه منكم على عمل فليجئ بقليله وكثيره فما أوتي منه أخذ وما نهي عنه انتهى)).

"Sesiapa di antara kamu yang kami tugaskan untuk suatu pekerjaan (urusan), lalu dia menyembunyikan dari kami sebatang jarum atau lebih dari itu, maka itu adalah ghulul (belenggu, harta rasuah) yang akan dia bawa pada hari kiamat".
('Adiy) berkata: Maka ada seorang lelaki hitam dari Ansar berdiri menghadap Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam, seolah-olah aku melihatnya, lalu dia berkata, "Wahai Rasulullah, copotlah jabatanku yang engkau tugaskan."
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya, "Ada apa gerangan?"
Dia menjawab, "Aku mendengar engkau berkata demikian dan demikian (maksudnya perkataan di atas, Pen.)."
Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam pun berkata, "Aku katakan sekarang, (bahawa) sesiapa di antara kamu yang kami tugaskan untuk suatu pekerjaan (urusan), maka hendaklah dia membawa (turun hasilnya), sedikit maupun banyak. Kemudian, apa yang diberikan kepadanya , maka dia (boleh) mengambilnya. Sedangkan apa yang dilarang, maka tidak boleh. "

TAKHRIJ HADITS
- Hadis ini dikeluarkan oleh Muslim dalam Shahih-nya dalam kitab al Imarah, bab Tahrim Hadaya al 'Ummal, hadits no. 3415.
- Abu Dawud dalam Sunan-nya dalam kitab al Aqdhiyah, bab Fi Hadaya al 'Ummal, hadits no.3110.
- Imam Ahmad dalam Musnad-nya, 17264 dan 17270, dari pusat Ismail bin Abu Khalid, dari Qais bin Abu Hazim, dari Sahabat 'Adiy bin' Amirah al Kindi Radhiyallahu 'anhu di atas.Adapun lafaz hadis di atas dibawakan oleh Muslim.

BIOGRAFI SINGKAT 'Adiy bin' AMIRAH Radhiyallahu 'Anhu
Beliau merupakan sahabat mulia, dengan nama lengkapnya 'Adiy bin' Amirah bin Farwah bin Zurarah bin al Arqam, Abu Zurarah al Kindi. Beliau hanya sedikit meriwayatkan hadith Rasululllah Shallallahu 'alaihi wa sallam, di antaranya adalah hadis ini.
Beliau wafat pada masa kekhalifahan Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu. Ada pula yang berpendapat selain itu [1]. Wallahu a'lam bish shawab.

Mufradat (KOSA KATA)
Kata ghululan (غلولا) dalam lafaz Muslim, atau ghullun (غل) dalam lafaz Abu Daud, keduanya dengan huruf ghain berharakat dhammah. Ini mengandungi beberapa pengertian, di antaranya bermakna belenggu besi, atau berasal dari kata kerja ghalla (غل) yang bererti khianat [2]. Ibnul Atsir menerangkan, kata al ghulul (الغلول), pada asalnya bermakna khianat dalam urusan harta rampasan perang, atau mencuri sesuatu dari harta rampasan perang sebelum diedar [3]. Kemudian, kata ini digunakan untuk setiap perbuatan khianat dalam suatu urusan secara sembunyi-sembunyi. [4]

Jadi, kata ghulul (الغلول) di atas, secara umum digunakan untuk setiap turun harta oleh seseorang secara khianat, atau tidak dibenarkan dalam tugas yang diamanahkan kepadanya (tanpa izin pemimpinnya atau orang yang menugaskannya). Dalam bahasa kita sekarang, perbuatan ini disebut rasuah, seperti tersebut dalam hadith yang sedang kita bahas ini.

MAKNA HADITS
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menyampaikan amaran atau ancaman kepada orang yang ditugaskan untuk menangani suatu pekerjaan (urusan), lalu ia mengambil sesuatu dari hasil pekerjaannya tersebut secara diam-diam tanpa izin pimpinan atau orang yang menugaskannya, di luar hak yang telah ditetapkan untuknya, walaupun hanya sebatang jarum. Maka, apa yang dia turun dengan cara tidak benar tersebut akan menjadi belenggu, yang akan dia pikul pada hari Kiamat. Yang dia lakukan ini merupakan khianat (rasuah) terhadap amanah yang dipikulnya. Dia akan dimintai pertanggungjawabnya nanti pada hari Kiamat.

Ketika kata-kata ancaman tersebut didengar oleh salah seorang dari kaum Ansar, yang orang ini merupakan satu di antara para pegawai yang dilantik oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, serta merta dia merasa takut. Dia meminta kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk melepaskan jawatannya. Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan, agar setiap orang yang diberi tugas dengan suatu pekerjaan, hendaknya membawa hasil dari pekerjaannya secara keseluruhan, sedikit maupun banyak kepada beliau Shallallahu' alaihi wa sallam. Kemudian mengenai pembagiannya, akan dilakukan sendiri oleh beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam. Apa yang diberikan, bererti boleh mereka ambil.Sedangkan yang ditahan oleh beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka mereka tidak boleh mengambilnya.

SYARAH HADITS
Hadis di atas intinya berisi larangan berbuat ghulul (rasuah), iaitu mengambil harta di luar hak yang telah ditetapkan, tanpa izin pimpinan atau orang yang menugaskannya. Seperti ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Buraidah Radhiyallahu 'anhu, bahawa Rasulullah Shallallahu' alaihi wa sallam bersabda:

((من استعملناه على عمل فرزقناه رزقا فما أخذ بعد ذلك فهو غلول)).

"Sesiapa yang kami tugaskan dengan suatu pekerjaan, lalu kami tetapkan ganjaran (gaji) untuknya, maka apa yang dia ambil di luar itu adalah harta ghulul (rasuah)". [5]

Asy-Syaukani menjelaskan, dalam hadis ini terdapat dalil tidak halalnya (haram) bagi pekerja (pegawai) mengambil tambahan di luar ganjaran (upah) yang telah ditetapkan oleh orang yang menugaskannya, dan apa yang diambilnya di luar itu adalah ghulul (rasuah). [6 ]

Dalam hadis tersebut mahupun di atas, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyampaikan secara global bentuk pekerjaan atau tugas yang dimaksudkan. Ini bertujuan untuk menunjukkan bahawa peluang melakukan rasuah (ghulul) itu ada dalam setiap pekerjaan dan tugas, terutama pekerjaan dan tugas yang menghasilkan harta atau yang berurusan dengannya. Contohnya, tugas mengumpul zakat harta, yang boleh jadi bila pegawai tersebut tidak jujur, dia dapat menyembunyikan sebagian yang telah dikumpulkan dari harta zakat tersebut, dan tidak menyerahkan kepada pimpinan yang menugaskannya.

HUKUM SYARI'AT TENTANG RASUAH

Sangat jelas, perbuatan rasuah dilarang oleh syari'at, baik dalam Kitabullah (al Qur `an) dan hadis-hadis Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang sahih.

Di dalam Kitabullah, di antaranya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
"Tidak mungkin seorang nabi berkhianat (dalam urusan harta rampasan perang). Sesiapa yang berkhianat (dalam urusan rampasan perang itu), maka pada hari Kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatinya itu ..." [Ali Imran: 161].

Dalam ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala mengeluarkan kenyataan bahawa, semua nabi Allah terbebas dari sifat khianat, di antaranya dalam urusan rampasan perang.

Menurut penjelasan Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma, ayat ini diturunkan pada saat (setelah) perang Badar, orang-orang kehilangan sepotong kain tebal hasil rampasan perang.Lalu sebahagian mereka, yakni kaum munafik mengatakan, bahawa mungkin Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengambilnya. Maka Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan ayat ini untuk menunjukkan jika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam terbebas dari tuduhan tersebut.

Ibnu Katsir menambah, kenyataan dalam ayat tersebut merupakan pensucian diri Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dari segala bentuk khianat dalam penunaian amanah, pembahagian harta rampasan perang, mahupun dalam urusan lain [7]. Hal itu, kerana khianat dalam urusan apapun merupakan perbuatan dosa besar. Semua Nabi Allah ma'shum (terjaga) dari perbuatan seperti itu.

Tentang besarnya dosa perbuatan ini, dapat kita fahami daripada ancaman yang terdapat dalam ayat di atas, iaitu ketika Allah mengatakan: "Sesiapa yang berkhianat (dalam urusan rampasan perang itu), maka pada hari Kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatinya itu ..."

Ibnu Katsir mengatakan, "Di dalamnya terdapat ancaman yang amat keras." [8]

Selain itu, perbuatan rasuah (ghulul) ini termasuk dalam kategori memakan harta manusia dengan cara batil yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta'ala, sebagaimana dalam firmanNya:

ولا تأكلوا أموالكم بينكم بالباطل وتدلوا بها إلى الحكام لتأكلوا فريقا من أموال الناس بالأثم وأنتم تعلمون

"Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil, dan janganlah kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui "[al-Baqarah / 2:188]

Juga firmanNya:

يا أيها الذين آمنوا لا تأكلوا أموالكم بينكم بالباطل

"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil ..." [an-Nisaa `/ 4: 29].

Adapun larangan berbuat ghulul (rasuah) yang datang dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka hadis-hadis yang menunjukkan larangan ini sangat banyak, di antaranya hadis dari' Adiy bin 'Amirah Radhiyallahu' anhu dan hadis Buraidah Radhiyallahu 'anhu di atas.

PINTU-PINTU KORUPSI
Peluang melakukan rasuah ada di setiap tempat, pekerjaan ataupun tugas, terutama yang diistilahkan dengan tempat-tempat "basah". Untuk itu, setiap muslim harus selalu berhati-hati, manakala mendapatkan tugas-tugas. Dengan mengetahui pintu-pintu ini, semoga kita selalu waspada dan tidak tergoda, sehingga nantinya mampu menjaga amanah yang menjadi tanggung jawab kita.

Berikut adalah di antara pintu-pintu rasuah.

1. Saat pengumpulan harta rampasan perang, sebelum harta tersebut dibahagikan.
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menceritakan:

((غزا نبي من الأنبياء فقال لقومه لا يتبعني رجل ملك بضع امرأة وهو يريد أن يبني بها ولما يبن بها ولا أحد بنى بيوتا ولم يرفع سقوفها ولا أحد اشترى غنما أو خلفات وهو ينتظر ولادها فغزا فدنا من القرية صلاة العصر أو قريبا من ذلك فقال للشمس إنك مأمورة وأنا مأمور اللهم احبسها علينا فحبست حتى فتح الله عليه فجمع الغنائم فجاءت يعني النار لتأكلها فلم تطعمها فقال إن فيكم غلولا فليبايعني من كل قبيلة رجل فلزقت يد رجل بيده فقال فيكم الغلول فليبايعني قبيلتك فلزقت يد رجلين أو ثلاثة بيده فقال فيكم الغلول فجاءوا برأس مثل رأس بقرة من الذهب فوضعوها فجاءت النار فأكلتها, ثم أحل الله لنا الغنائم رأى ضعفنا وعجزنا فأحلها لنا))

"Ada seorang nabi berperang, lalu ia berkata kepada kaumnya:" Tidak boleh mengikutiku (berperang) seorang yang telah menikahi wanita, sementara dia ingin menggaulinya, dan ia belum melakukannya, tidak pula seseorang yang yang telah membina rumah, sementara ia belum memasang atapnya; tidak pula seseorang yang telah membeli kambing atau unta betina yang sedang bunting, sementara ia menunggu (mengharapkan) peranakannya ".

Lalu nabi itu pun berperang dan ketika sudah dekat negeri (yang akan diperangi) tiba atau hampir tiba solat Asar, dia berkata kepada matahari: "Sesungguhnya kamu diperintah, dan aku pun diperintah. Ya Allah, tahanlah matahari ini untuk kami," maka tertahanlah matahari itu hingga Allah membukakan kemenangan baginya. Lalu ia mengumpulkan harta rampasan perang. Kemudian datang api untuk melahapnya, tetapi api tersebut tidak dapat melahapnya. Dia (nabi itu) pun berseru (kepada kaumnya): "Sesungguhnya di antara kalian ada (yang berbuat) ghulul (mengambil harta rampasan perang secara diam-diam). Maka, hendaklah ada satu orang dari setiap kabilah bersumpah (berbai'at) kepadaku , "kemudian ada tangan seseorang menempel ke tangannya (berbai'at kepada nabi itu), lalu ia (nabi itu) berkata," Di antara kamu ada (yang berbuat) ghulul, maka hendaknya kabilahmu bersumpah (berbai'at) kepadaku, "kemudian ada tangan dari dua atau tiga orang menempel ke tangannya (berbai'at kepada nabi itu), lalu ia (nabi itu) berkata, "Di antara kamu ada (yang berbuat) ghulul," maka mereka datang membawa emas sebesar kepala lembu, kemudian mereka meletakkannya, lalu datanglah api dan melahapnya. Kemudian Allah menghalalkan harta rampasan perang bagi kita (kerana) Allah melihat kelemahan kita. [9]

2. Ketika pengumpulan zakat maal (harta).
Seseorang yang diberi tugas mengumpulkan zakat maal oleh seorang pemimpin negeri, jika tidak jujur, sangat mungkin ia mengambil sesuatu dari hasil (zakat maal) yang telah dikumpulkannya, dan tidak menyerahkannya kepada pemimpin yang menugaskannya. Atau dia mengaku yang dia ambil adalah sesuatu yang dihadiahkan kepadanya. Peristiwa semacam ini pernah terjadi pada masa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, dan beliau memberi amaran dengan keras kepada pegawai yang mendapat amanah mengumpulkan zakat maal tersebut dengan mengatakan:

((أفلا قعدت في بيت أبيك وأمك فنظرت أيهدى لك أم لا))

"Tidakkah kamu duduk saja di rumah bapa-ibumu, lalu lihatlah, apakah kamu akan diberi hadiah (oleh orang lain) atau tidak?"

Kemudian pada malam harinya selepas solat Isya 'Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam berceramah (untuk memperingatkan perbuatan ghulul kepada khalayak). Di antara isi penjelasan beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan:

((فوالذي نفس محمد بيده لا يغل أحدكم منها شيئا إلا جاء به يوم القيامة يحمله على عنقه إن كان بعيرا جاء به له رغاء وإن كانت بقرة جاء بها لها خوار وإن كانت شاة جاء بها تيعر))

"(Maka) Demi (Allah), yang jiwa Muhammad berada di tanganNya. Tidaklah seseorang daripada kamu mengambil (mengkorupsi) sesuatu daripadanya (harta zakat), melainkan dia akan datang pada hari Kiamat membawanya di lehernya. Jika (yang dia ambil) seekor unta , maka (unta itu) bersuara. Jika (yang dia ambil) seekor lembu, maka (lembu itu pun) bersuara. Atau jika (yang dia ambil) seekor kambing, maka (kambing itu pun) bersuara ... "[10]

3. Hadiah untuk pegawai-pegawai, dengan tanpa sepengetahuan dan izin pemimpin atau yang menugaskannya.
Dalam hal ini, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

((هدايا العمال غلول))

"Hadiah untuk para pegawai adalah ghulul". [11]

4. Setiap tugas apapun, terutama yang berurusan dengan harta, seperti seorang yang mendapat amanah memegang perbendaharaan negara, penjaga baitul maal atau yang lain, terdapat peluang bagi seseorang yang berniat buruk untuk melakukan ghulul (rasuah), padahal dia sudah memperoleh upah yang telah ditetapkan untuknya. Telah disebutkan dalam hadis yang telah lalu, iaitu sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang artinya: Sesiapa yang kami tugaskan dengan suatu pekerjaan, lalu kami tetapkan ganjaran (gaji) untuknya, maka apa yang dia ambil di luar itu adalah harta ghulul (rasuah ). [12]

BAHAYA BUATAN ghulul (KORUPSI)
Tidaklah Allah melarang sesuatu, melainkan di balik itu terkandung keburukan dan mudarat (bahaya) bagi pelakunya. Begitu pula dengan perbuatan rasuah (ghulul), tidak luput dari keburukan dan mudarat tersebut. Diantaranya:

1. Pelaku ghulul (rasuah) akan dibelenggu, atau ia akan membawa hasil korupsinya pada hari Kiamat, sebagaimana ditunjukkan dalam ayat ke-161 surah Ali Imran dan hadis 'Adiy bin' Amirah Radhiyallahu 'anhu di atas. Dan dalam hadis Abu Humaid as Sa'idi radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu' alaihi wa sallam bersabda:

((... والذي نفسي بيده لا يأخذ أحد منه شيئا إلا جاء به يوم القيامة يحمله على رقبته إن كان بعيرا له رغاء أو بقرة لها خوار أو شاة تيعر ...))

"Demi (Allah), yang jiwaku berada di tanganNya. Tidaklah seseorang mengambil sesuatu daripadanya (harta zakat), melainkan dia akan datang pada hari Kiamat membawanya di lehernya. Jjika (yang dia ambil) seekor unta, maka (unta itu) bersuara. Jika (yang dia ambil) seekor lembu, maka (lembu itu pun) bersuara. Atau jika (yang dia ambil) seekor kambing, maka (kambing itu pun) bersuara ... "[13]

2. Perbuatan rasuah menjadi penyebab kehinaan dan azab api neraka pada hari Kiamat.
Dalam hadis Ubadah bin ash Shamit Radhiyallahu 'anhu, bahawa Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam bersabda:

((... فإن الغلول عار على أهله يوم القيامة وشنار ونار))

"... (Kerana) sesungguhnya ghulul (rasuah) itu adalah kehinaan, aib dan api neraka bagi pelakunya". [14]

3. Orang yang mati dalam keadaan membawa harta ghulul (rasuah), ia tidak mendapat jaminan atau terhalang masuk syurga. Hal itu dapat difahami dari sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam:

((من فارق الروح الجسد وهو بريء من ثلاث دخل الجنة من الكبر والغلول والدين))

"Sesiapa yang berpisah roh dari jasadnya (mati) dalam keadaan terbebas dari tiga perkara, maka ia (dijamin) masuk syurga. Iaitu kesombongan, ghulul (rasuah) dan hutang". [15]

4. Allah tidak menerima sedekah seseorang dari harta ghulul (rasuah), sebagaimana dalam sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam:

((لا تقبل صلاة بغير طهور ولا صدقة من غلول))

"Solat tidak akan diterima tanpa bersuci, dan shadaqah tidak diterima dari harta ghulul (rasuah)". [16]

5. Harta hasil rasuah adalah haram, sehingga ia menjadi salah satu penyebab yang dapat menghalang terkabulnya do'a, sebagaimana difahami dari sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam:

((أيها الناس إن الله طيب لا يقبل إلا طيبا وإن الله أمر المؤمنين بما أمر به المرسلين فقال يا أيها الرسل كلوا من الطيبات واعملوا صالحا إني بما تعملون عليم وقال يا أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم ثم ذكر الرجل يطيل السفر أشعث أغبر يمد يديه إلى السماء يا رب يا رب ومطعمه حرام ومشربه حرام وملبسه حرام وغذي بالحرام فأنى يستجاب لذلك))

"Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang yang beriman dengan apa yang Allah perintahkan kepada para Rasul. Allah berfirman," Wahai para Rasul, makanlah dari yang baik-baik dan kerjakanlah amal-amal soleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui akan apa yang kamu kerjakan ". Dia (Allah) juga berfirman:" Wahai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik-baik dari yang Kami rezekikan kepada kamu, "kemudian beliau (Rasulullah) Shallallahu 'alaihi wa sallam menceritakan seseorang yang lama bersafar, berpakaian kusut dan berdebu. Dia menengadahkan tangannya ke langit (seraya berdoa): "Ya Rabb ..., ya Rabb ...," tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dirinya dipenuhi dengan sesuatu yang haram. Maka, bagaimana do'anya akan dikabulkan? ". [17]

Demikian yang bisa menuliskan bagi para pembaca seputar masalah rasuah. Mudah-mudahan Allah menyelamatkan kita dari segala keburukan yang lahir mahupun tersembunyi. Dan semoga uraian singkat ini bermanfaat.

Wallahu a'lam bish Shawab.

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 06 / / Tahun X/1427H/2006M]

_______
Footnote
[1]. Lihat Tahdzibul Kamal, II/924-copi manuskrip oleh Penerbit Daarul Ma'mun lit Turats, Damaskus, dan diedarkan oleh Maktabatul Ghuraba, Madinah. Lihat juga Taqributh Tahdzib, susunan no. 4544.
[2]. Lisanul 'Arab, 11/499.
[3]. Sebagaimana dalam hadis Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu tentang kisah seorang nabi (sebelum Nabi Muhammad Shallallahu' alaihi wa sallam) dengan umatnya ketika mereka mendapatkan rampasan perang. Kemudian di antara mereka ada yang mencuri harta rampasan perang tersebut, hingga Allah menghantar api dan melahap semua harta rampasan perang tersebut, dan Allah mengharamkannya untuk umat sebelum umat Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. (Muttafaqun 'alaihi. Al-Bukhari dalam kitab Fardhul Khumus, bab Qaulun Nabiyyi Shallallahu' alaihi wa sallam (Uhillat), hadis no. 3124, dan Muslim dalam kitab al Jihad was Sair, bab Tahlilil Ghana-im li Hadzihil Ummati Khashshatan, hadis no . 3287.)
[4]. Lihat an Nihayah fi Gharibil Hadits, 3 / 380.
[5]. HR Abu Dawud dalam Sunan-nya di kitab al Kharaj wal Imarah wal Fa-i, bab Fi Arzaqul Ummal, hadits no. 2943 dan dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Abi Dawud dan Shahihul Jami'ish Shaghir, no. 6023.
[6]. Nailul Authar, 4 / 233.
[7]. Tafsir Ibnu Katsir (1 / 398).
[8]. Ibid.
[9]. HR al-Bukhari dalam kitab Fardhul Khumus, bab Qaulun Nabiyyi Shallallahu 'alaihi wa sallam (Uhillat), hadis no. 3124 dan Muslim dalam kitab al Jihad was Sayr, bab Tahlilil Ghana-im li Hadzihil Ummati Khashshah, hadis no. 3287.
[10]. HR al-Bukhari dalam kitab al Aiman ​​wan Nudzur, bab Kaifa kaanat Yamiinun Nabiyyi Shallallahu 'alaihi wa sallam, hadis no. 6636 dan lain-lain dengan lafaz yang berdekatan, serta Muslim dalam kitab al Imarah, bab Tahrim Hadayal 'Ummal, hadits no. 3413 dan 3414 dengan lafaz yang serupa, dan ada sedikit perbezaan.
[11]. HR Ahmad, no. 23090 dan dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Irwa'ul Ghalil hadis no. 2622.
[12]. Lihat takhrijnya pada nota kaki no. 5.
[13]. HR al-Bukhari dalam kitab al Hibah wa Fadhluha wat Tahridhu 'Alaiha, bab Man lam Yaqbalil Hadiyata li' Illatin, hadis no. 2597 dan Muslim (dengan lafaz serupa) dalam kitab al Imarah, bab Tahrim Hadayal 'Ummal, hadits no. 3413.
[14]. HR Ibnu Majah dalam kitab al Jihad, bab al ghulul, hadis no. 2850, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah dan Shahihul Jami'ish Shaghir, no. 7869.
[15]. HR Ahmad, no. 21291; at Tirmidzi, no. 1572; an Nasaâ-i dan Ibnu Majah.
[16]. HR Muslim dalam kitab Thaharah, bab Wujubuth Thaharah lish shalati, hadis no. 329, dari Ibnu Umar Radhiyallahu 'anh, dan diriwayatkan pula oleh yang lain dari Ibnu' Umar dan Usamah bin Umair al Hudzali Radhiyallahu 'anhu.
[17]. HR Muslim dalam kitab az Zakat, bab Qabulush Shadaqati minal Kasbit Thayyibi wa Tarbiyatuha, hadis no. 1686.

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Hati-Hati Pengguna Bahan Penambah Perisa Makanan

HATI-HATI PENGGUNA BAHAN PENAMBAH PERISA MAKANAN Allah sudah memberi petunjuk melalui utusanNya, Nabi Muhammad dalam Al Quran, mengenai keperluan pokok manusia berupa makanan. Dia Subhanahu wa Ta'ala telah menentukan kaedah cara hidup sihat dengan memerintahkan agar manusia memilih makanan yang baik dan halal, seperti yang dinyatakan dalam surat Al-Baqarah ayat 168: ياأيها الناس كلوا مما في الأرض حلالا طيبا "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi" Kita semestinya bersyukur atas panduan ini. Sudah jelas, Allah mengarahkan kepada yang terbaik, tidak akan menjerumuskan umatNya. Manusia itu sendiri yang benar-benar lalai dan mengikuti hawa nafsu. Bergesernya pola hidup manusia yang cenderung konsumtif, ingin serba mudah, lebih segera, yang penting enak dirasa oleh lidah tanpa memikirkan kesan-kesan buruk yang bakal muncul dari kebiasaan yang keliru. Tanpa disedari, makanan yang lazat dinikmati, akhirnya meros...

Hukum Mengambil Gaji Tanpa Bekerja

HUKUM MENGAMBIL GAJI TANPA BEKERJA Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin Soalan Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: Saya pekerja di suatu instansi pemerintah, kadang-kadang kami dibayar upah lembur dari kantor kami tanpa menugaskan kami dengan pekerjaan di luar jam kerja dan tanpa kehadiran kami di pejabat. Mereka menganggapnya sebagai insentif pekerja di luar jam kerja, padahal pimpinan instansimengetahui dan mengakuinya. Kami mohon penjelasan, semoga Allah memberi anda kebaikan. Adakah boleh mengambil wang tersebut? Jika tidak boleh, apa yang harus saya perbuat dengan wang-wang yang telah saya terima dahulu yang telah saya pergunakan. Smoga Allah membalas anda denan kebaikan. Jawapan Jika kenyataannya seperti yang anda sebutkan, maka itu suatu kemungkaran, tidak boleh dilakukan, bahkan merupakan pengkhianatan. Yang harus dilakukan adalah mengembalikan wang yang telah anda terima dengan cara seperti itu ke bendahara negara. Jika tidak bisa, maka hendaklah anda menye...

Hukum Menggunkan Kemudahan/Peralatan Kerajaan @ Pejabat Untuk Kepentingan Peribadi

HUKUM MENGGUNAKAN KEMUDAHAN KERAJAAN /PEJABAT UNTUK KEPENTINGAN PERIBADI Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin Soalan Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: Bagaimana hukum menggunakan kemudahan kerajaan yang kecil-kecil yang terdapat di pejabat untuk keperluan peribadi, seperti pena, sampul surat, penggaris dan sebagainya? Semoga Allah memberikan anda kebaikan Jawapan Menggunakan peralatan negara yang ada di pejabat-pejabat kerajaan untuk keperluan peribadi hukumnya haram, kerana perbuatan ini bertentangan dengan amanat yang telah diperintahkan Allah untuk dipelihara, kecuali hal-hal yang tidak merugikan, seperti penggunaan pembaris, hal seperti ini tidak berpengaruh dan tidak merugikan. Adapun menggunakan pena, kertas, mesin taip, mesin photo copy dan sejenisnya untuk keperluan-keperluan peribadi, maka hukumnya tidak boleh kerana itu semua merupakan milik kerajaan [Fatawa Lil Muwazhzhafin wal Ummal, Syaikh Ibnu Utsaimin, hal. 31-32] MENGGUNAKAN MOBIL DINAS UNTUK KEPERLUAN...