Langkau ke kandungan utama

Syirik Dan Jenis-Jenisnye



SYIRIK DAN JENIS-JENISNYA

OlehAl-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas


DEFINISI SYIRIK

Syirik yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam Rububiyyah danUluhiyyah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Umumnya menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah, yaitu hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Allah,seperti berdo'a kepada selain Allah disamping berdo'a kepada Allah,atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih (kurban),bernadzar, berdo'a dan sebagainya kepada selainNya.Karena itu, barangsiapa menyembah selain Allah berarti ia meletakkan ibadah tidak pada tempatnya dan memberikannya kepada yang tidak berhak, dan itu merupakan kezhaliman yang paling besar.


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman."Artinya : Sesungguhnya menyekutukan (Allah) adalah benar-benarkezhaliman yang besar"[ Luqman: 13]. Allah tidak akan mengampuni orang yang berbuat syirik kepadaNya, jikaia meninggal dunia dalam kemusyrikannya.Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman."Artinya : Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki- Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, makasungguh ia telah berbuat dosa yang besar".[An-Nisaa' : 48]


Surga-pun Diharamkan Atas Orang Musyrik.Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman."Artinya : Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan Surga kepadanya, dan tempatnya ialah Neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zaalim itu seorang penolong pun"[ Al-Maa'idah: 72].
Syirik Menghapuskan Pahala Segala Amal Kebaikan.Allah Azza wa Jalla berfirman."Artinya : Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplahdari mereka amalan yang telah mereka kerjakan"[Al- An'aam: 88]Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala."Artinya : Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada(Nabi-Nabi) sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Allah), nescaya akan hapus amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi"[Az-Zumar: 65]


Orang Musyrik Itu Halal Darah Dan Hartanya.Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman."Artinya : ...Maka bunuhlah orang-orang musyirikin dimana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah ditempat pengintaian. .."[At-Taubah: 5]. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda."Artinya : Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq melainkan Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah, mendirikan solat, dan membayar zakat.


Jika mereka telah melakukan hal tersebut, maka darah dan harta mereka aku lindungi kecuali dengan hak Islam dan hisab mereka ada pada Allah Azzawa jalla"


Syirik adalah dosa besar yang paling besar, kezaliman yang paling zalim dan kemungkaran yang paling mungkar.


JENIS-JENIS SYIRIK


Syirik Ada Dua Jenis : Syirik Besar dan Syirik Kecil.


[1]. Syirik Besar


Syirik besar bisa mengeluarkan pelakunya dari agama Islam dan menjadikannya kekal di dalam Neraka, jika ia meninggal dunia dan belum bertaubat daripadanya.Syirik besar adalah memalingkan sesuatu bentuk ibadah kepada selain Allah, seperti berdo'a kepada selain Allah atau mendekatkan diri kepadanya dengan penyembelihan korban atau nazar untuk selain Allah,baik untuk kuburan, jin atau syaitan, atau mengharap sesuatu selain Allah, yang tidak kuasa memberikan manfaat maupun mudarat.


Syirik Besar Itu Ada Empat Macam


[a]. Syirik Do'a, iaitu di samping dia berdo'a kepada Allah Subhanahuwa Ta'ala, ia juga berdo'a kepada selainNya.

[b]. Syirik Niat, Keinginan dan Tujuan, yaitu ia menunjukkan suatu ibadah untuk selain Allah Subhanahu wa Ta'ala

[c]. Syirik Ketaatan, iaitu mentaati kepada selain Allah dalam hal maksiyat kepada Allah

[d]. Syirik Mahabbah (Kecintaan), yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal kecintaan.


[2]. Syirik Kecil


Syirik kecil tidak menjadikan pelakunya keluar dari agama Islam,tetapi ia mengurangi tauhid dan merupakan wasilah (perantara) kepadasyirik besar.


Syirik Kecil Ada Dua Macam.


[a]. Syirik Zhahir (Nyata), iaitu syirik kecil yang dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Dalam bentuk ucapan misalnya, bersumpah dengan nama selain Allah.Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda."Artinya : Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah, maka ia telah berbuat kufur atau syirik"


Qutailah Radhiyallahuma menuturkan bahwa ada seorang Yahudi yang datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, dan berkata:"Sesungguhnya kamu sekalian melakukan perbuatan syirik. Kamu mengucapkan: "Atas kehendak Allah dan kehendakmu" dan mengucapkan:"Demi Ka'bah". Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan para Shahabat apabila hendak bersumpah supaya mengucapkan, "Demi Allah Pemilik Ka'bah" dan mengucapkan: "Atas kehendak Allah kemudian atas kehendakmu"


Syirik dalam bentuk ucapan, iaitu perkataan.


"Kalau bukan karena kehendak Allah dan kehendak fulan"Ucapan tersebut salah, dan yang benar adalah."Kalau bukan karena kehendak Allah, kemudian karena kehendak si fulan"Kata (kemudian) menunjukkan tertib berurutan, yang berarti menjadikan kehendak hamba mengikuti kehendak Allah


[b]. Syirik Khafi (Tersembunyi)

Yaitu syirik dalam hal keinginan danniat, seperti riya' (ingin dipuji orang) dan sum'ah (ingin didengar orang) dan lainnya.Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda.


"Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil. "Mereka (para Shahabat) bertanya: "Apakah syirik kecil itu, yaRasulullah?" .Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "iaitu riya'"


[Disalin dari kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Oleh Yazidbin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka At-Taqwa, Po Box 264 Bogor16001, Cetakan Pertama Jumadil Akhir 1425H/Agustus 2004M]


Foote Note

[1]. Lihat Aqiidatut Tauhiid (hal. 74-80) oleh Syaikh Shalih binFauzan al-Fauzan.

[2]. HR. Al-Bukhari (no. 25) dan Muslim (no. 22), dari Shahabat IbnuUmar Radhiyallahu 'anhuma.

[3]. Lihat QS. Al-Ankabut: 65.

[4]. Lihat QS. Huud: 15-16.

[5]. Lihat QS. At-Taubah: 31.

[6]. Lihat QS. Al-Baqarah: 165.

[7]. HR. At-Tirmidzi (no. 1535) dan al-Hakim (I/18, IV/297), Ahmad(II/34, 69, 86) dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhuma.Al-Hakim berkata: “Hadits ini shahih menurut syarat al-Bukhari danMuslim.Dan disepakati oleh adz-Dzahabi.

[8]. Lihat HR. An-Nasa'i (VII/6) dan Amalul Yaum wal Lailah no. 992,al-Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah berkata dalam al-Ishaabah (IV/389):'Hadits ini shahih, dari Qutailah Radhiyallahu 'anhuma, wanita dariJuhainah Radhiyallahu anha. Lihat Fat-hul Majiid Syarh Kitabit Tauhid(bab 41 dan 43), lihat juga di Silsilah al-Ahaadits as-Shahiihah (no.2042).

[9]. Sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla dalam surat at-Takwir: 29.

[10].HR. Ahmad (V/428-429) dari Shahabat Mahmud bin Labid Radhiyallahu'anhu. Berkata Imam al-Haitsami di dalam Majma'uz Zawaa'ij (I/102):"Rawi-rawinya shahih".


Dan diriwayatkan juga oleh ath-Thabrani dalamMu'jamul Kabiir (no. 4301), dari Shahabat Rafi bin KhadiijRadhiyallahu 'anhu. Imam al-Haitsami dalam Majma'uz Zawaa-ij (X/222)berkata: "Rawi-rawinya shahih" Dan hadits ini dihasankan oleh IbnuHajar al-Atsqalani dalam Bulughul Maram. Dishahihkan juga oleh Syaikh Ahmad Muham-mad Syakir dalam tahqiq Musnad Imam Ahmad (no. 23521 dan23526).

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Hati-Hati Pengguna Bahan Penambah Perisa Makanan

HATI-HATI PENGGUNA BAHAN PENAMBAH PERISA MAKANAN Allah sudah memberi petunjuk melalui utusanNya, Nabi Muhammad dalam Al Quran, mengenai keperluan pokok manusia berupa makanan. Dia Subhanahu wa Ta'ala telah menentukan kaedah cara hidup sihat dengan memerintahkan agar manusia memilih makanan yang baik dan halal, seperti yang dinyatakan dalam surat Al-Baqarah ayat 168: ياأيها الناس كلوا مما في الأرض حلالا طيبا "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi" Kita semestinya bersyukur atas panduan ini. Sudah jelas, Allah mengarahkan kepada yang terbaik, tidak akan menjerumuskan umatNya. Manusia itu sendiri yang benar-benar lalai dan mengikuti hawa nafsu. Bergesernya pola hidup manusia yang cenderung konsumtif, ingin serba mudah, lebih segera, yang penting enak dirasa oleh lidah tanpa memikirkan kesan-kesan buruk yang bakal muncul dari kebiasaan yang keliru. Tanpa disedari, makanan yang lazat dinikmati, akhirnya meros

Rumahku Syurgaku

RUMAHKU SYURGAKU Abdullah Fahim et.all PENDAHULUAN Dalam keghairahan negara untuk mencapai matlamat pembangunan bangsa yang maju dan dinamik yang bersendirian kepada pembangunan sains dan teknologi, tidak dapat dinafikan akan berlaku kesan-kesan sampingan atau pengaruh–pengaruh negatif dari budaya asing yang boleh merosakkan anak muda, mengugut kestabilan dan kecemerlangan bangsa. Gejala mungkar yang berlaku dalam masyarakat hari ini terutama di kalangan muda mudi seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan dadah, mencuri, malas dan sebagainya adalah di antara bukti yang jelas terhadap perlunya peranan yang mesti dimainkan oleh ibu bapa. Gejala-gejala seperti kerapuhan pegangan agama, kekosongan jiwa, kekurangan daya tenaga dan pemikiran di kalangan muda mudi, krisis rumahtangga, perilaku anak-anak yang liar, tidak ada pegangan hidup, tidak menghormati orang tua, lebih suka kepada kebebasan mutlak dan keseronokan serta hanyut dalam arus pengaruh kebudayaan asing yang lebih banyak merosakka

Hukum Mengambil Gaji Tanpa Bekerja

HUKUM MENGAMBIL GAJI TANPA BEKERJA Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin Soalan Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: Saya pekerja di suatu instansi pemerintah, kadang-kadang kami dibayar upah lembur dari kantor kami tanpa menugaskan kami dengan pekerjaan di luar jam kerja dan tanpa kehadiran kami di pejabat. Mereka menganggapnya sebagai insentif pekerja di luar jam kerja, padahal pimpinan instansimengetahui dan mengakuinya. Kami mohon penjelasan, semoga Allah memberi anda kebaikan. Adakah boleh mengambil wang tersebut? Jika tidak boleh, apa yang harus saya perbuat dengan wang-wang yang telah saya terima dahulu yang telah saya pergunakan. Smoga Allah membalas anda denan kebaikan. Jawapan Jika kenyataannya seperti yang anda sebutkan, maka itu suatu kemungkaran, tidak boleh dilakukan, bahkan merupakan pengkhianatan. Yang harus dilakukan adalah mengembalikan wang yang telah anda terima dengan cara seperti itu ke bendahara negara. Jika tidak bisa, maka hendaklah anda menye